07/01/12

INFO HARGA KARET

Kalianda,  (ANTARA) - Harga komoditas getah karet basah di kalangan petani Kabupaten Lampung Selatan naik dari Rp6.500 menjadi Rp7.500 per kilogram dalam sepekan terakhir.
Harga  Karet Di Lampung Selatan Naik  
"Pendapatan petani penyadap karet bertambah seiring dengan meningkatnya harga komoditas ini," kata Salim petani di Desa Bangunsari Kecamatan Tanjungsari Lampung Selatan.

Ia mengatakan, sebelumnya harga karet mancapai Rp11.000 per kilogram, kemudian anjlok pada harga Rp6.500 per kilogram dan sepekan ini naik lagi menjadi Rp7.500 per kilogram.

"Petani berharap harga karet terus naik agar pendapatannya meningkat karena sebelumnya sempat mencapai Rp12.000 per kilogram," katanya.

Penurunan harga karet, kata dia, telah terjadi sejak dua bulan lalu bersamaan dengan datangnya musim penghujan yang membuat kualitas getah hasil sadapan menurun degan kadar air lebih tinggi.

Petani setempat lainnya, Ruslan mengatakan, harga karet saat ini mulai naik setelah anjok hingga 50 persen sejak sebulan lalu yang membuat pendapatan petani menurun. (ANT/krs)